PERENCANAAN PEMBELAJARAAN
1.
Pengertian Perencanaan Pembelajaran Menurut Para Ahli
a.
Menurut Smith &
Ragan,
Perencanaan pembelajaran adalah proses sistematis dalam mengertikan
prinsip belajar dan pembelajaran ke dalam rancangan untuk bahan dan aktivitas
pembelajaran. Proses sistematis dan berfikir dalam mengartikan prinsip belajar
dan pemebelajaran ke dalam rancangan untuk bahan dan aktivitas pemebelajaran.
b.
Menurut Ibrahim,
Perencanaan pembelajaran adalah
kegiatan merumuskan tujuan apa yang akan dicapai oleh suatu kegiatan
pembelajaran, cara apa yang dipakai untuk menilai pencapaian tujuan tersebut,
materi apa yang akan disampaikan, bagaimana cara menyampaikan, serta alat atau
media apa yang diperlukan.
c.
Menurut Banghart dan
Trull,
Perencanaan pembelajaran
adalah proses penyusunan materi pelajaran, penggunaan media pembelajaran,
penggunaan pendekatan atau metode pembelajaran, dalam suatu alokasi waktu yang
akan dilaksanakan pada masa satu semester yang akan datang untuk mencapai
tujuan yang telah ditentukan.
d.
Menurut Nana Sudjana,
Perencanaan pembelajaran
adalah kegiatan memproyeksikan tindakan apa yang akan dilaksanakan dalam suatu
pembelajaran (PBM) yaitu dengan mengkoordinasikan (mengatur dan merespon)
komponen-komponen pembelajarn sehingga arah kegiatan (tujuan), isi kegiatan
(materi), cara penyampaian kegiatan (metode dan teknik), serta bagaimana
mengukurnya (evaluasi) menjadi jelas dan sistematis.
e.
Menurut Reigeluth,
Perencanaan pembelajaran
adalah merupakan suatu sistem pengembangan setiap unsur pembelajaran, meliputi
pengembangan tujuan, isi, metode, dan pengembangan evaluasi. Secara prinsip
memilki makna yang sama bahwa perencanaan pembelajaran adalah suatu proses
merumuskan, mengelola, dan mengembangkan setiap unsur pembelajaran menjadi
suatu sistem perencanaan sebagai pedoman operasional pembelajaran.
f. Lukmanul Hakiim (2009: 238)
Mengemukakan bahwa
“Perencanaan pembelajaran yaitu persiapan mengelola pembelajaran yang akan
dilaksanakan dalam kelas untuk mencapai tujuan.”
g. Stenhouse (dalam Lukmanul Hakiim, 2009:1)
Berpendapat bahwa perencanaan
pembelajaran merupakan suatu ide dari orang yang merancangnya, tentang bentuk-bentuk
pelaksanaan proses pelaksanaan
yang akan dilaksanakan sesuai dengan yang dirancangkan.
h. Branch
(dalam Syamri, 2010)
Berpendapat bahwa perencana
pembelajaran adalah suatu sistem yang berisi prosedur untuk mengembangkan
pendidikan dengan cara yang konsisten dan reliable.
i.
Ritchy (dalam Syamri, 2010)
Berpendapat bahwa perencana
pembelajaran adalah ilmu yang merancang detail secara spesifik untuk
pengembangan, evaluasi dan pemeliharaan situasi dengan fasilitas pengetahuan
diantara satuan besar dan kecil persoalan pokok.
Dari pengertian perencanaan pembelajaran
diatas dapat disimpulkan bahwa perenacanan pemelajaran adalah suatu kegiatan yang direncanakan dalam hubungannya
dengan proses belajar mengajar atau pembelajaran untuk mengembangkan, evaluasi
dan pemeliharaan situasi dengan fasilitas pendidikan guna pencapaian tujuan
pembelajaran.
2.
Komponen komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)
Komponen komponen
yang ada pada Rencana Pelaksana Pembelajaran (RPP)
a) SKL(Standar Kompotensi Lulusan)
Kualifikasi
kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang di
miliki peserta didik sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati, sebagaimana yang ditetapkan dengan Peraturan
menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006.
b) KI (Kompotensi Inti)
Tingkat kemampuan untuk
mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada setiap tingkat, kelas atau program.
c) KD(Komptensi
Dasar)
Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang
harus diperoleh oleh peserta didik melalui pembelajaran.
d) IPK (Indikator Pencapain Kompotensi)
Indikator
kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk
menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian
mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan
kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup
pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
e) Tujuan pembelajaran
Tujuan
pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai
oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
f) Materi Pembelajaran
Materi ajar
memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam
bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
g)
Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang akan
dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi
pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, yang pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat dikuasainya di
akhir kegiatan belajar.
h) Kegiatan Pembelajaran
- ·
Pendahuluan/Pembuka
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu
pertemuan pembelajaran yang ditunjukkan untuk membangkitkan motivasi dan
memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran. Dalam kegiatan pendahuluan, guru: menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari, menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang
akan dicapai, dan menyampaikan materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
- ·
Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk
mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif,
serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian
sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta
didik. Kegiatan inti ini dilakukan secara sitematis. pada kurikulum 2013
menggunakan pendekatan saintifik.
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Dalam kegiatan penutup, guru: bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran; melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram; dan memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
- Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Dalam kegiatan penutup, guru: bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran; melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram; dan memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
i)
Alat/Bahan Atau Media
Pembelajaran
Seorang pengajar haruslah mempersiapkan apa yan akan digunakan dala hal
pembelajaran seperti alat dan bahan pembelajaran serta media apa yang akan
digunakan oleh pengajar kepada peserta didik, agar penyampai pembelajaran
tersebut tersampaikan dengan baik, dan mudah diingat oleh pelajar/peserta didik.
j)
Sumber Pembelajaran
Penentuan
sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta
materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
k) Penilaian Pembelajaran
Prosedur
dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator
pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar